Strategic alignment : Leveraging Information technology for transforming Organization

Posted: March 14, 2013 in Tata Kelola Teknologi Informasi

Dalam Jurnal yang berjudul Strategic alignment : Leveraging Information technology for transforming Organization karya : C.J Henderson , N. Venkatraman . di jurnal ini saya memahami betapa pentingnya penyelarasan strategi perusahaan terhadap kebutuhan IT karena tidak setiap Teknologi yang di terapkan pada perusahaan dapat berjalan dengan sukses atau berdampak positive pada perusahaan, bisa saja mengrogoti profit perusahaan. Dari jurnal tersebut saya mendapat pertanyaan:

  1. Apa Implikasi IT terhadap Operasi Bisnis ?sekarang ? dan masa depan?
  2. Apa Perspektif alternatif untuk memanfaatkan IT terhadap Operasi Bisnis?
  3. Apa peran senior manajer terhadap pemanfaatan It terhadap operasi Bisnis?

3 prtanyaan diatas sering kali menjebak , bahkan perusahaan sekelas Kodak,Baxter kelimpungan untuk menjawabnya. Maka dari itu sebelum menerapkan IT pada perusahaan diperlukan Strategic Alignment, hal ini sangat perlu diperhatikan karena perusahaan tidak hidup untuk hari ini saja melainkan besok- besok / masa depan. Perlunya penyelarasan antara internal dan external domain IT merupakan langkah yang harus dilakukan demi terciptanya keselarasan antara IT dan tujuan Bisnis.

Strategi Fit yang ada harus di integrasikan dengan eksternal domain dan internal domain perusahaan. Scope of bussinesnya juga demikian, harus ditinjau dahulu bagaimana proses bisnis perusahaan,kebijakan, SOP,dll.

4  dominant alignment perspective :

  1. Strategy Execution : Membahas Bagaimana Bussines Strategy dijabarkan menjadi Organizational Infrastructure , dari OI(Organizational Infrastructure) di jabarkan lagi I/S Infrastructurenya bagaimana.
  2. Technology Transformation : Membahas bagaimana Bussines Strategy disusun menjadi IT Strategy lalu menjadi I/S Infrastructure.
  3. Competitive Potential : Membahas Bagaimana Bussines Strategy di Support IT Strategy sebelum menjadi Organizational Infrastructure.
  4.  Service Level : Membahas Bagaimana IT Strategy dijabarkan menjadi I/S Infrastructure lalu menjadi Organizational Infrastructure.
Comments
  1. Fifi says:

    Tugas TKTI😀

  2. anantarm says:

    Tidak bisa dipungkiri hal tersebut semakin absurd ketika sudah masuk dalam perhitungan keuangan sebuah perusahaan. Perangkat IT entah itu SW atau HW adalah benda yg bisa dinilai harganya. Tetapi pemanfaatan IT seringkali hanya tenggelam di bawah permukaan dari sebuah perhitungan cost & benefit perusahaan. Apakah IT diperhitungkan sebagai asset perusahaan yg memang layak diinvestasikan ataukah IT hanya sekedar expense untuk perusahaan? Faktanya tidak cukup banyak manager IT di perusahaan2 yang mampu melaporkan hal tersebut ke dalam perencanaan strategis perusahaan.. (hanya penilaian pribadi saya bro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s